Tuesday, May 17, 2011

Tips cara aman menggunakan internet (aman dari virus + tidak muter-muter)



       Artikel kali ini saya akan mencoba berbagi pengalam saya di dunia internet..mungkin ini umum atau biasa biasa saja, namun setidaknya berguna buat anda yang baru belajar menjelajahi dunia internet. supaya aman dari virus virus internet, sekaligus tidak nyasar nyasar atau muter muter.
Di internet memang banyak sekali virus virus bertebaran, biasanya itu adalah virus jenis trojan , spyware, malware dan sejenisnya.
Kejahatan di internet ini banyak sekali macamnya, diantaranya adalah Phising (bhs.id : penipuan)
Apakah phising itu??
Phising atau pengelabuhan itu saya definisikan sendiri (sorrry kalau salah) tindak penyamaran sebuah situs web dengan tujuan untuk mengambil data-data pribadi (email,password,id,username,dll)
Saya contohkna facebook...., biasanya kejahatan phising ini mereka membuat situs yang mirip sekali bahkan sama tampilanya dengan facebook, dimana itu terjadi saat anda sedang browsing ke suatu situs terus tibatiba ada perintah login facebook, yang di minta untuk memasukan email + password, nah apa bila itu anda alami sebaiknya periksa URL browser milik anda.
Patikan itu benar benar berisikan facebook.com buka yang lain.
Tips cara aman menggunakan interne
Itu jika terjadi pada facebook, bayangkan jika itu terjadi pada akun bank anda,,,berapa uang mungkin yang hilang bila id bank anda di ambil oleh penjahat phising ini.
Nahh...Tips untuk tidak muter-muter ini saya coba untuk memberi sedikit pencerahan.
jika anda pernah browsing di internet ,sedang mencari bahan kuliah atau sejenisnya, melalui pencarian google , terus anda masuk pada situs atau blog yang isinya cuma judul - judul saja, dan anda di buat muter-muter ga jelas nah ini solusinya...
Pastikan URL link alamat yang akan anda tuju tidak memakai Url penghubung atau pun judul " + + + ",
Tips cara aman menggunakan internet TANDA PLUSTips cara aman menggunakan internet TANDA PLUS
atau ada topik "search", "search result", dan sejenisnya besok atau lusa saya update lagi.
Pokoknya kalau ada situs seperti itu jangan di klik,itu pembohongan masal, cuma cari uang saja, tapi jika anda mau beramal pada kebohongan ya silahkan masuk terus klik semua iklan mereka..hehehe.
Atau laporkan saja situs tersebut ke >> SPAM REPORT GOOGLE <<<

Mmmm...Supaya terhindar dari virus anda harus menginstal atau memasang anti virus internet dan selalu mengupdatenya.
Anti virus internet seperti: norton, kaspersky , dan lain sejenisnya.
Tapi google sudah memberitahukan apbila situs yang anda kunjungi berisikan malware atau program jahat.
peringatan google biasanya seperti ini:
" Situs ini mungkin berbahaya atau tidak aman bagi perangkat anda"
nah jika ada peringatan seperti itu jangan di lanjutkan.
Maish banyak lagi tindak kejahatan di internet, yang tidak akan pernah habis bila di bahas.

       Hati hati juga pada software software seperti Key logger, karena software ini bisa mengintai segala kegiatan pada komputer anda. jangan pernah percaya pada software yang menamakan dirinya bisa mengambil passwrod dan email orang lain dengan, yang ada malah paswrod dan email anda yang raib..wkwkwkwkw..
Key logger ini banyak beterbangan di internet dengan tiitle, hack facebook, hack cips poker, password freeze, email freeze, dan lain sejenisnya. jangan pernah anda mnginstal software-software tersebut bila idak dari sumber yang jelas dan tanggung jawab.
Semoga coretanku kali ini bermanfaat amin, memang coretan ini banyak sekali kurangnya, namun sayakan coba mengupdatenya di kemudian hari,terimaksih...

No comments:

Post a Comment